Organisasi Dan Manajemen
Pengertian Manajemen :
Manajemen dalam organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu (a group of people working together in a structural and coordinated fashion to achieve a set of goal). (Griffin, 2002).
Bagaimana kerja sana dapat dilakukan ketika karakteristik orang-orang atau kelompok orang yang ada dari dalam organisasi sangat berbeda-beda, di dorong oleh motif yang berbeda-beda dan latar belakang yang berbeda-beda pula.
Menurut keterangan dari Griffin paling tidak organisasi memiliki berbagai sumber daya misalnya :
# Sumber Daya Manusia (Human Resources)
# Sumber Daya Alam (Natural Resources)
# Sumber Daya Dana (Financial Resources)
# Sumber Daya Informasi (Information Resources)
Para ahli yang lainnya memiliki pandangan dan pengertian tentang manajemen di antaranya :
# Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Follet, 1997)
# Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya (Nickels, McHugh & McHugh, 1997)
# Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (Ernie dan Kurniawan, 2005).
# Manajemen sebagai suatu bidang ip (science) yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan serta membuat sistem kerjasama ini lebih bermanfaat bagi manusia (Luther Gulick).
# Manajemen Merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan (James A.F. Stoner).
Manajemen Dibutuhkan Dengan Alasan
# Untuk mencapai tujuan
# Untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang salang bertentangan.
# Untuk mencapai efisiensi dan efektifitas.
Peran manajemen dalam organisasi "efektif" dan "Efisien"
# Mengapa manajemen diperlukan ?
Agar tujuan dari organisasi dapat di capai secara efektif dan efisien.
# Efektif adalah mengerjakan pekerjaan (mencapai sasaran) yang benar (doing the right things). (Peter Drucker).
# Efisien adalah mengerjalan pekerjaan dengan benar (doing things right) (Peter Drucker).
Manajemen ada 3 Pengertian
# Manajemen sebagai suatu proses
# Manajemen sebagai suatu kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen.
# Manajemen sebagai suatu seni dan ilmu.
Manajemen
Sains atau Seni ?
Manajemen Sebagai Sains
# Pendekatan melalui tahapan sistematis berdasarkan keilmuan.
# Umumnya memerlukan keahlian teknis, diagnostik dan pengambilan keputusan.
Manajemen Sebagai Seni
# Pendekatan melalui intuisi dan perasaan berdasarkan pengalaman.
# Umumnya memerlukan keahlian konseptual, kreatifitas dan komunikasi interpersonal.
Ada 6 Sarana Manajemen
1. Man
2. Money
3. Material
4. Machines
5. Methods
6. Markets
Fungsi-fungsi Manajemen Menurut Para Ahli
1. Louis A. Allen : Leading, Planning, Organizing, Controlling.
2. Prajudi Atmosudirjo : Planning, Organizing, DIrectingm Controlling
3. Henry Fayol : Planning, organizing, Commanding, Coordinating Controling.
4. John Robert Beishline, Ph. D : Perencanaan, organisasi, komando, kontrole
5. Luther Gullick : Planning, organizing, staffing, directing, coordinating, reporting, budgeting.
6. Kootz dan O'Donnel : Organizing, Staffing, Directing, Planning, Controlling.
7. William H. Newman : Planning, Organizing, Assembling, Resources, Directing, Controlling.
8. Dr. Siagian, MPA : Planning, Organizing, Motivating, Controlling.
9. Wilim Sprigel : Planning, Organizing, Controlling
10. GR. Terry : Planning, Organizing, Actuating, Controlling.
11. Lindal F. Urwick : Forcasting, Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, Controlling.
12. The Liang Gie : Planning, Decision making, Directing, Coordinating, Controlling, Improving.
Fungsi Perencanaan
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan pententuan strategi, taktik, yang tepat untuk mewujudkan target serta tujuan organisasi.
Kegiatan Dalam Fungsi Perencanaan
1. Menetapkan tujuan dan target bisnis.
2. Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut.
3. Menentukan Sumber Daya yang diperlukan.
4. Menetapkan standar / indikator keberhasilan dalam pencapai tujuan dan target bisnis.
Fungsi Pengorganisasian
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan di desain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, serta dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.
Kegiatan Dalam Fungsi Pengorganisasian
1. Mengalokasikan Sumber Daya, merumuskan dan menetapkan tugas dan menetapkan prosedur yang dilakukan.
2. Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab.
3. Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia atau tenaga kerja.
4. Kegiatan penempatan Sumber Daya Alam pada posisi yang paling tepat.
Fungsi Pengarahan dan Implementasi
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi
1. Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan.
2. Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan.
3. Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan.
Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan di implementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
Kegiatan Dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
1. Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan.
2. Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan.
3. Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis.
Dari uraian tersebut diatas dapatlah di simpulkan bahwa Manajemen adalah kegiatan dalam mengelola sumber daya manusia, keuangan, pengorganisasian dalam mencapai tujuan yang sudah di tetapkan.
Selanjutnya akan dibahas mengenai Sumber Daya Organisasi, Tujuan dan Fungsi manajemen lebih lanjut.