Kegiatan Wirausaha Kerajinan Budaya Nonbenda

Wirausaha Kerajinan Budaya Nonbenda


Kegiatan wirausaha didukung oleh ketersediaan sumber daya manusia, material, peralatan, cara kerja, pasar, dan pendanaan, Sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha dikena dengan sebutan 6 M, yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja), dan Market (pasar). Wirausaha kerajinan dengan inspirasi budaya non benda dapat dimulai dengan melihat potensi bahan baku (Material), keterampilan produksi (Man & Machine) dan budaya lokal yang ada di daerah setempat. 
Wirausaha kerajinan dengan inspirasi budaya akan menawarkan karya-karya kerajinan inovatif kepada pasaran. Pasar sasaran (Market) dari produk kerajinan ini adalah orang-orang yang menghargai dan mencintai kebudayaan tradisional. Kemampuan mengatur keuangan (Money) dalam kegiatan usaha akan menjamin keberlangsungan dan pengembangan usaha.


Wirausaha

Ragam budaya tradisional nonbenda yang terdapat di daerah akan menjadi inspirasi untuk perancangan kerajinan yang akan dibuat. Perancangan kerajinan juga harus mempertimbangkan ketersediaan material/ bahan baku dan keterampilan produksi yang terdapat di daerah sekitar. Untuk itu, dapat dilakukan pencarian informasi tentang ragam jenis material khas daerah yang dapat digunakan untuk kerajinan serta perajin yang membuat kerajinan di daerah setempat.

Ragam Materi Alam


Praktek Untuk Anda
Identifikasi Ragam Material dan Teknik Produksi di Lingkungan Sekitar
1.Amati lingkunganmu. Perhatikan ragam material atau bahan baku yang tersedia di lingkungan sekitarmu.
2.
Carilah informasi dari buku, internet, maupun dari perajin yang ada di daerahmu tentang ragam material dan teknik produksi yang dapat digunakan untuk setiap material tersebut.
3.Diskusikan dalam kelompok tentang ragam material dan teknik produksi yang dapat digunakan untuk pembuatan kerajinan dengan inspirasi budaya. Tuliskan sebanyak-banyak tentang ragam bahan baku/material dan teknik produksi yang ada di lingkungan sekitarmu.
4.Presentasikan dalam bentuk tabel LK 3 atau bentuk presentasi lain yang lebih menarikdan kreatif.

        Perancangan dan Produksi Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Nonbenda

        Perancangan dan produksi didasari oleh data yang telah diperoleh melalui Tugas 2 tentang Ragam Budaya Nonbenda dan Tugas 3 tentang Identifikasi Ragam Material dan Teknik produksi di lingkungan sekitar. Budaya tradisional daerah dan material serta teknik khas daerah merupakan potensi yang harus dikembangkan sehingga lestari dan menjadi manfaat bagi daerah. Setiap daerah di Indonesia memiliki budaya tradisional yang berbeda-beda. Pengembangandarisetiap budaya tradisional tersebutakan menjadi kekayaain bersama yang luar biasa, yang akan memberikan warna bagi kemajuan bangsa Indonesia di masa depan. Salah satu kekayaan pengembangan budaya tradi'si adalah melalui pengembangan kerajinan.

        Potensi budaya nonbenda dan potensi material serta teknik produksi khas daerah sebagai dasar pengembangan kerajinan.
        Potensi budaya nonbenda dan potensi material serta teknik produksi khas daerah sebagai dasar pengembangan kerajinan.
        Proses perancangan kerajinan diawali dengan pemilihan sumber inspirasi dan pencarian ide produk kerajinan, pembuatan sketsa ide, pembuatan studi model kerajinan, dilanjutkan dengan pembuatan petunjuk produksi. Ide kerajinan dengan inspirasi budaya lokal akan dikembangkan menjadi produk kerajinan yang akan diproduksi dan siap dijual. Dengan demikian produk yang dihasilkan harus memiliki nilai estetik dan inovasi agar diminati pasar.
        Perancangan kerajinan dengan inspirasi budaya nonbenda akan menerjemahkan sesuatu yang abstrak (tak berbenda) menjadi benda (berwujud). Misalnya, inspirasi diambil dari sebuah cerita rakyat (tak berbenda) menjadi sebuah diorama mini yang menggambarkan salah satu adegan dalam cerita rakyat tersebut. Contoh lain adalah mengambil inspirasi dari kepercayaan simbolis (tak berbenda), burung enggang untuk dibuat menjadi ide untuk tekstil atau busana (benda). Tahapan penerjemahan meliputi: pemahaman terhadap makna simbol; mencari kata kunci yang dapat menjadi dasar dari pengembangan ide produk; mencari ide-ide fungsi dan bentuk kerajinan.
        Contoh tahapan penerjemahan budaya nonbenda menjadi ide benda kerajinan.
        Contoh tahapan penerjemahan budaya nonbenda menjadi ide benda kerajinan.
        Pencarian Ide Produk

        Kita telah mengenali berbagai kekayaan budaya non benda di daerah setempat, tokoh-tokoh cerita rakyat, filosofi dari pantun, simbol-simbol, cerita rakyat dan tarian tradisional. Pengetahuan dan apresiasi kita terhadap hal-hal tersebut dapat mendorong munculnya ide untuk pembuatan produk kerajinan. Ide bisa muncul secara tidak berurutan, dan tidak lengkap, tetapi dapat juga muncul secara utuh. Salah satu dari kita bisa saja memiliki ide tentang suatu bentuk unik yang akan dibuat. Ide bentuk tersebut akan menuntut kita untuk memikirkan teknik apa yang tepat digunakan dan produk apa yang tepat untuk bentuk tersebut. 
        Salah satu dari kita juga bisa saja mendapatkan ide atau bayangan tentang sebuah produk yang ingin dibuatnya, material, proses dan alat yang akan digunakan secara utuh. Untuk memudahkan pencarian ide atau gagasan untuk rancangan kerajinan dengan inspirasi budaya non benda, mulailah dengan memikirkan hal-hal di bawah ini.
        Budaya nonbenda apa yang akan menjadi inspirasi?
        1.Produk kerajinan apa yang akan dibuat?
        2.Mengapa produk kerajinan tersebut dibuat?
        3.Siapa yang akan menggunakan produk kerajinan tersebut?
        4.Bahan/material apa yang apa saja yang akan dipakai?
        5.Warna dan/atau motif apa yang akan digunakan?
        6.Adakah teknik warna tertentu yang akan digunakan?
        7.Bagaimana proses pembuatan produk tersebut?
        8.Alat apa yang dibutuhkan?
            Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat diungkapkan dan didiskusikan dalam kelompok dalam bentuk curah pendapat (brainstorming). Pada proses brainstorming ini, setiap anggota kelompok harus membebaskan diri untuk menghasilkan ide-ide yang beragam dan sebanyak-banyaknya. Beri kesempatan juga untuk munculnya ide-ide yang tidak masuk akal sekalipun. Tuangkan ide-ide tersebut ke dalam bentuk tulisan atau sketsa. Kunci sukses dari tahap brainstorming dalam kelompok adalah jangan ada perasaan takut salah, setiap orang berhak mengeluarkan pendapat, saling menghargai pendapat teman, boleh memberikan ide yang merupakan perkembangan dari ide sebelumnya, dan jangan lupa mencatat setiap ide yang muncul. Curah pendapat dilakukan dengan semangat untuk menemukan ide baru dan inovasi. Semangat dan keberanian kita untuk mencoba membuat inovasi baru akan menjadi bekal kita berkarya di masa depan.
            Contoh Sketsa Ide dari Burung Enggang Menjadi Selendang Pelindung

            Membuat Gambar/Sketsa
            Ide-ide produk, rencana atau rancangan dari produk kerajinan digambarkan atau dibuatkan sketsanya agar ide yang abstrak menjadi berwujud. Ide-ide rancangan dapat digambarkan pada sebuah buku atau lembaran kertas, dengan menggunakan pinsil, spidol atau bolpoin dan sebaiknya hidari penggunaan penghapus.Tariklah garistipis-tipis dahulu. Jika ada garis yang dirasa kurang tepat, abaikan saja, buatlah garis lain pada bidang kertas yang sama. 
            Demikian seterusnya sehingga Anda berani menarik garis dengan tegas dan tebal. Gambarkan idemu sebanyak-banyaknya, dapat berupa variasi produk, satu produk yang memiliki fungsi sama, tetapi dengan bentuk yang berbeda, produk dengan bentuk yang sama dengan warna dan motif yang berbeda.
            Membuat Sketsa

            Pilih IdeTerbaik 
            Setelah anda menghasilkan banyak ide dan menggambarkannya dengan sketsa, mulai pertimbangkan ide mana yang paling baik, menyenangkan dan memungkinkan untukdibuat.

            Prototyping atau Membuat Studi Model

            Sketsa ide yang dibuat pada tahap-tahap sebelumnya adaiah format dua dimensi. Artinya hanya digambarkan pada bidang datar. Kerajinan yang akan dibuat berbentuktiga dimensi. Maka, studi bentukselanjutnya dilakukan dalam format tiga dimensi, yaitu dengan studi model. Studi model dapat dilakukan dengan material sebenarnya maupun bukan material sebenarnya.

            Perencanaan Produksi
            Tahap selanjutnya adaiah membuat perencanaan untuk proses produksi atau proses pembuatan kerajinan tersebut. Prosedur dan langkah-langkah kerja dituliskan secara jelas dan detail agar pelaksanaan produksi dapat dilakukan dengan mudah dan terencana.

            Tugas Praktek 

            Pengembangan Desain dan Persiapan Produksi Kerajinan dengan Inspirasi

            Budaya Nonbenda
            • Carilah ide produk kerajinan dengan inspirasi budaya nonbenda yang akan dibuat Pencarian ide dapat dilakukan dengan curah pendapat (brainstorming) dalam kelompok.
            • Buat beberapa sketsa ide bentuk dari produk tersebut. Pertimbangkan faktor estetika dan kenyamanan penggunaan dari produk tersebut.
            • Pilih salah satu ide bentuk yang paling baik.
            • Pikirkan dan tentukan teknik-teknik yang akan digunakan untuk membuatnya serta bahan dan alat yang dibutuhkan.
            • Buatlah produk tersebut. Proses pembuatan model ini dilakukan untuk mengetahui bahan, teknik dan alat yang tepat untuk digunakan pada proses produksi yang sesungguhnya.
            • Buat petunjuk pembuatan produk tersebut dalam bentuk tulisan maupun gam bar.
            • Susunlah semua sketsa, gambar, studi model, daftar bahan dan alat serta petunjuk pembuatan yang dibutuhkan ke dalam sebuah laporan portofolio yang baik dan rapi.
            DAFTAR ISI
            1. Pribahasa Menunjukan Sifat Yang Diturunkan Kepada Anak
            2. Pribahasa dalam Mengungkapkan Sesuatu Yang Memiliki Makna
            3. Pribahasa Dalam Bahasa Minang
            4. Kegiatan Wirausaha Kerajinan Budaya Nonbenda.
            5. Kata - Kata Motivasi Belajar
            6. Mengetahui Cara Produksi Budidaya Tanaman Pangan
            7. Buat Kamu Yang Cari Artikel Tentang Pramuka
            8. Berwirausaha Kerajinan Budaya Nonbenda
            9. Alat Pencernaan Pada Manusia
            10. Macam-macam Organ Penyusun Sistem Gerak Pada Manusia
            11. Pengertian Wirausaha Menurut Pakarnya
            12. Pemasaran Langsung Kerajinan dengan lnspirasi Budaya Nonbenda
            13. Kelainan dan Penyakit Pada Ginjal
            14. Majas atau gaya bahasa terdiri dari beberapa macam
            15. Bahan yang Digunakan pada Pembuatan Rendang
            16. Cabang Olahraga Atletik Lari Meraton
            17. Teknik Gerakan Lempar Cakram
            18. Olahraga Beladiri Pencak Silat
            19. Produk Teknologi Transportasi dan Logistik
            20. Mengasah Kreativitas dan Keterampilan Semenjak Sekolah
            21. Jenis-Jenis Zat Yang Berbahaya
            22. Cara Pemasaran dan Pengembangan Budidaya Tanaman Pangan
            23. Makna Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
            24. Mengembangkan dan Mendalami Ilmu Tentang Tuhan
            25. Pengertian Iman Kepada Rasul, Tugas-Tugas Rasul, Nama-nama Rasul 
            26. Pengertian dan Ciri-ciri Sifat Munafik
            27. Pengertian, Ciri-ciri Dan Bahaya Sifat Takabur
            28. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kebutuhan Hidup Manusia
            29. Pentingnya Mengetahui Binatang Yang Halal Dimakan dan Binatang Yang Haram Dimakan
            30. Puisi Reruntuhan Kedaton, Yang Dibungkus, Gunung Wurung, Demi Obituari 
            31. Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
            32. Mengetahui Pengertian Dialog Interaktif
            33. Percakapan Berpamitan Dalam Bahasa Inggris
            34. Tugas Membuat Kerangka dan Sinopsis Novel
            35. Percakapan Bahasa Inggris - Indonesia Suasana Pagi Hari
            36. Memperkenalkan Diri Dalam bahasa Inggris
            37. Contoh Kata Sambutan Panitia Penyelenggara Maulid Nabi saw.
            38. Kata Sambutan Perwakilan Mempelai Putri
            39. Kata Sambutan Dari Perwakilan Calon Mempelai Pria
            40. Mencari Peluang Bisnis Sampingan Saat Sekolah
            41. Pengertian ekspor Ekspor dan Pemberitahuan Pabean Ekspor
            42. Adaptasi Organisme Terhadap Lingkungan
            43. Alat-Alat Ekskresi Yang Ada Pada Manusia
            44. Ciri-Ciri Lagu Daerah Nusantara seperti Bahasa Daerah, Alunan dan Melodi
            45. Ciri-ciri Negara Maju dan Negara Berkembang
            46. Wirausaha Modifikasi Makanan Khas Daerah
            47. Kewirausahaan Bahan Nabati Dan Hewani Menjadi Makanan Khas Daerah
            48. Wirausaha Kerajinan Bahan Lunak
            49. Perhitungan Biaya Makanan Awetan dari Bahan Nabati
            50. Sistem Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Nabati 
            51. Kewirausahaan dalam Bidang Pengolahan Bahan Makanan
            52. Perhitungan Biaya Budidaya Tanaman Pangan
            53. Penghitungan Biaya Produksi Produk Teknologi Transportasi dan Logistik
            54. Perencanaan Usaha Produk Teknologi Transportasi dan Logistik
            55. Bentuk-Bentuk Hubungan (Interaksi) Sosial
            56. Pengertian serta Contoh Adab Makan dan Minum
            57. Macam-macam Gaya dan Teknik Renang Mulai dari Gaya Punggung, Gaya Dada Serta Gaya Bebas
            58. Bagaimana Cara Untuk Presentasi Proposal Usaha Kerajinan Hias
            59. Unsur Estetika dan Ergonomis Produk Kerajinan Pakai dari Limbah
            60. Peluang Usaha Menyulap Ban Bekas Menjadi Produk Bemilai Ekonomis
            61. Pengelolaan Sumber Daya Produksi Usaha Kerajinan Pakai dari Limbah
            62. Kerajinan Tas dari Limbah Kemasan Kopi
            63. Isi Propoposal Yang Formal dan Penyebab Kegagalan Dalam Sebuah Proposal
            64. Jenis Gerakan Senam Lantai, Senam Ketangkasan, Senam Aerobik
            65. Sistem Hormon dan Kelenjer Endoktrin pada Tubuh Manusia
            66. Pengertian Kebugaran Jasmani dan Joging
            67. Gaya Remaja Yang Sehat
            68. Membuat Magnet dengan Induksi Magnetik
            69. Pengertian dan Aspek-aspek Dalam Pencak Silat
            70. Pengertian, Teknik Dasar dan Gaya Dalam Lempar Lembing
            71. Pengertian, Peralatan dan Lapangan Permainan Bulu Tangkis 
            72. Teknik Melempar Bola, Teknik Menangkap Bola, Teknik Membawa Bola dalam Permainan Bola Tangan
            73. Pengertian, Peralatan serta Lapangan Permainan Bola Tangan
            74. Wirausaha Kerajinan Tangan Dari Bahan Sabun
            75. Pembagian Seni terdiri dari Seni Audio, Seni Visual, Seni Audiovisual 
            76. Seni Bukan Sembarangan Seni, Melainkan Punya Fungsi dan Tujuan
            77. Seni Rupa Terdiri Dari Seni Murni, Seni Pakai, Seni Grafis, Seni Keramik, Desain Produk, Desain Arsitektur
            78. Setiap Daerah Memiliki Keunikan Seni Karya Tersendiri seperti Keunikan Tema, Keunikan Bentuk, Bentuk Figuratif, Bentuk Abstraktif, Bentuk Abstrak, Keunikan Makna
            79. Bentuk Gambar Seni Rupa, Bentuk Kubistis, Bentuk Piramid, Kerucut, Bulat, Tak Beraturan
            80. Kumpulan Cerita Legenda Rakyat Yang Berbekas
            81. Peralatan, Media Menggambar, Bidang Gambar, Pensil, Paster, Cat Air, Cat Poster, Pewarna Alam, Pewarna Kue, Palet, Kuas
            82. Seni Membatik dan Batik Rafa'iyah
            83. Zat Berbahaya yang Terkandung dalam Rokok
            84. Penyebab Terjadinya Kebakaran seperti Korsleting Listrik, Api Rokok, Kompor, Membakar Sampah, Obat Nyamuk Bakar, Bahan Peledak, Kecelakaan Kendaraan, Sambaran Petir dan Akibat Yang Ditimbulkan Kebakaran
            85. Penyebab dan Penanggulangan Bahaya Banjir
            86. Pengetahuan Mitos dan Genetika, Pembauran Genetika
            87. Kromosom dan Gen Sebagai Faktor Pembawa Sifat
            88. Tujuh Macam Jenis Kecerdasan
            89. Sistem indera Pada Manusia dan Hewan
            90. Sistem Koordinasi Dalam Tubuh Manusia Meliputi Sistem Saraf, Indera, Hormon
            91. Pengaruh Kehidupan Keluarga Dalam Pembinaan Nilai Moral
            92. Museum Wayang Di Jakarta
            93. Museum Seni Rupa dan Keramik di Jakarta
            94. Museum-Museum Milik Pemerintah DKI Jakarta
            95. Museum Nasional dan Museum Daerah
            96. Arti dan Kegunaan Museum
            97. Mengenal Tanda Kekerasan dan Pelecehan Seksual
            98. Memilih Sekolah Menurut Jenjang Pendidikan
            99. Contoh Tex Pidato MC Acara Ulang Tahun
            100. Konsep Naskah MC Acara Pengajian Rutin Bulanan 
            101. Naskah Untuk MC Acara Pernikahan (Walimatul 'Ursy)
            102. Peta Sumatera dan Berikut Provinsinya
            103. Naskah Pembawa Acara Maulid Nabi Muhammad SAW.
            104. Text Pidato Pedoman Untuk MC Walimatul Khitanan
            105. Pengertian, Hakikat, dan Macam-Macam Demokrasi
            106. Susunan Acara Perpisahan Sekolah 
            107. Makalah Tata Boga Lauk Pauk Khas Betawi 
            108. Pemeriksaan Dokumen dan Fisik Barang Ekspor
            109. Membaca Komponen Peta dan Atlas
            110. Sistem Ekskresi Manusia
            111. Belajar Karya Seni Kriya Indonesia
            112. Ekspresi Seni Rupa Terapan Daerah Setempat
            113. Teknik Teknik dalam Menggambar Bentuk
            114. Reproduksi atau Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif Alami dan Buatan
            115. Pengantar Komunikasi "Kebutuhan Promosi untuk Berkomunikasi"
            116. Perkembangan Komunikasi Jarak Jauh Melalui Satelit
            117. Ilmu Komunikasi Yang Perlu Dipelajari, Komunikasi sebagai Seni, Ilmu, dan Lapangan Kerja
            118. Ruang Lingkup Komunikasi, Pengertian Komunikasi
            119. Unsur-unsur Komunikasi Meliputi Sumber, Pesan, Media, Penerima, Pengaruh, Tanggapan Balik dan Lingkungan
            120. Tipe Komunikasi, Komunikasi dengan Diri Sendiri (Intrapersonal Communication)
            121. Komunikasi Antarpribadi (Interpersonal Communication)
            122. Komunikasi Publik (Public Communication), Komunikasi Massa (Mass Communication)
            123. Pemanfaatan Mikroorganisme dalam Bioteknologi, Kultur Jaringan (Tissue Culture), Hidroponik, dan Aeroponik
            124. Listrik Statis, Gaya Listrik, Muatan, Listrik, Elektroskop, Muatan Positif, Muatan Negatif
            125. Gaya Elektrostatis, Medan Listrik, Elektroskop 
            126. Gejala dan Penerapan Listrik Statis, Petir (halilintar), Ledakan atau kebakaran tangki minyak, Generator Van de Graaff, Penggumpal asap, Pengecatan mobil, Mesin fotokopi, Printer inkjet
            127. Listrik Dinamis, Muatan dan Arus Listrik, Kuat Arus Listrik
            128. Pengertian Teks Sastra dan Teks Nonsastra, Level Bahasa nonsastra, Menentukan Makna Kata/Kalimat pada Teks
            129. Pengertian, Fungsi, Model, Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM/HRIS)
            130. Definisi Permainan dan Olahraga Bola Besar, Sepak Bola, Hakikat Sepak Bola, Teknik Menendang Bola
            131. Safety Operation, Kepemimpinan Dalam K3LH, IBPR dan Job Safety Analysis
            132. Definisi Job Safety Analysis (JSA), Waktu Review JSA, Critical Activity pada aktivitas OB Management
            133. Rambu Peringatan, Rambu Larangan, Rambu Perintah,  Informasi Umum
            134. Definisi Supervisi, Target Supervisi Operasional
            135. Geologi Dasar, Pembentukan Batubara dan Kualitas Batubara
            136. Jenis Batuan, Batuan Sedimen, Batuan Metamorf, Batuan Malihan
            137. Pembacaan Peta, Fungsi Peta, Tujuan Pembuatan Peta, Macam-Macam Peta
            138. Dasar-Dasar Pemboran, Metode Pemboran
            139. Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia
            140. Bagaimana Terbentuknya Kepulauan Indonesia, Proses Evolusi Bumi
            141. Mengenal Manusia Purba, Sangiran, Trinil, Jenis Meganthropus, Jenis Pithecanthropus, Jenis Homo, Manusia Wajak, Manusia Liang Bua, Perdebatan Antara Pithecantropus ke Homo Erectus
            142. Asal Usul dan Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia
            143. Puisi Tentang Keindahan Alam, Nyanyian Seorang Petani
            144. Perkembangan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan Jepang
            145. Pengertian dan Latar Belakang Munculnya Pergerakan Nasional Indonesia
            146. CONTOH CERPEN SELAMA PKL  DI PT. BINTANG TOEDJOE
            147. Perkembangan Awal Akuntansi,  Sejarah Akuntansi, Perkembangan Akuntansi Syariah, Hubungan antara Akuntansi Modern dan Akuntansi  Syariah
            148. Pengertian Anggaran, Perbendaharaan, dan Akuntansi
            149. Perguruan Tinggi mana yang Mendapatkan Gaji Tertinggi?
            150. Sejarah Masyarakat Betawi, Asal Nama Betawi, Orang Betawi, Mande-Mande, Wilayah Budaya Masyarakat Betawi,  Sejarah Kota Jakarta Sejak Berdirinya Pelabuhan Kelapa 
            151. Kerajaan-Kerajaan Bawahan di Jakarta dan Sekitarnya
            152. Peradaban Masyarakat Betawi dan Kedatangan Bangsa-Bangsa Lain Di Jakarta
            153. Humor Betawi
            154. Penjajahan Belanda dan Perlawanan Rakyat Jakarta
            155. Sejarah Pemberontakan Tanah Tinggi Tangerang 1924
            156. Sejarah Pemberontakan Petani dan Ratu Adil
            157. Pendekar Bangsa M. Husni Thamrin, Putera Betawi
            158. Tanggapan Media Tentang Muhammad Husni Thamrin
            159. Husni, Bung Karno, Tan Malaka dan Si Entong
            160. Cara Berpidato Yang Baik Dan Menggetarkan Audiens, Contoh Pidato Bahasa Indonesia
            161. Naskah Pidato Tauhid Dalam Islam
            162. Motivasi Penyemangat Belajar
            163. Memahami Pengertian Seni Rupa
            164. MAKALAH MIKROBIOLOGI DAN PARASITOLOGI PANGAN FERMENTASI COKELAT
            165. Pribahasa Dalam Kehidupan Sehari-hari, Nasehat, Peringatan, Tata Krama
            166. Pengertian, Tujuan, Manfaat, Fungsi Jenis-Jenis Teks Editorial
            167. Cara Mengamankan, Memelihara, Merawat Alat Tulis Kantor, Mesin, Komputer, Laptop, Printer, Scanner, Mesin Fotokopi, Meja Kantor
            168. Pengertian Media Pembelajaran, Manfaat Media Pembelajaran , Fungsi Atensi, Afektif, Kognitif, Kompensatoris, Tujuan Informasi, Audio Visual
            169. Pengertian Gambar Kerja | Fungsi Gambar Kerja | Tujuan Gambar Kerja
            170. Surat Pribadi, Surat Resmi, Surat Niaga, Surat Niaga Internal, Surat Niaga Eksternal, Surat Dinas, Surat Sosial, Surat Lamaran Pekerjaan, Surat Elektronik